Just one second...

 

AC Split dan AC Central, mana yang kita pilih?

Indonesia, negara kita yang beriklim tropis memang diberkahi dengan matahari yang bersinar sepanjang tahun. Tak mengherankan jika kemudian perangkat pendingin udara ruangan menjadi salah satu aspek yang penting bagi kenyamanan dan kesehatan penghuni setiap rumah ataupun gedung. Nah, di antara sekian jenis AC yang diperkenalkan saat ini, AC Split dan AC Central menjadi jenis yang cukup populer.

Mengenal Karakteristik AC Split dan AC Central

Ya, kedua jenis AC ini bisa dikatakan paling banyak digunakan di bangunan rumah ataupun gedung. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang idealnya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Lantas bagaimana cara memilih antara AC Split dan AC Central dan pertimbangan apa saja yang relevan dalam pemilihan di antara kedua jenis AC ini?

Untuk memudahkan Anda memilih jenis AC yang paling tepat sesuai kebutuhan, Anda bisa menyimak beberapa poin berikut ini

AC Split merupakan perangkat pendingin ruangan yang paling banyak digunakan di rumah atau kantor dengan ukuran ruang yang tak terlalu luas. Mekanisme AC jenis ini bisa dikatakan cukup sederhana dengan perangkat indoor yang menempel di dinding dan perangkat outdoor yang diletakkan di atap atau ditempatkan di tembok luar. Kedua perangkat tersebut dihubungkan dengan pipa.

Sementara AC Central cenderung digunakan pada gedung dengan ruangan yang luas di dalamnya. Jenis AC ini menerapkan mekanisme yang lebih besar dan rumit karena mengelola hawa dingin untuk kebutuhan seluruh gedung hanya dari satu kontrol panel. Perangkat outdoor AC jenis ini biasanya berukuran besar sementara di bagian indoor hanya terlihat kisi-kisi udara saja di dinding atau plafon.

Setelah mengetahui sekilas tentang kedua jenis AC ini, berikut ini kelebihan dan kekurangan masing-masing:

Kelebihan dan Kekurangan AC Split

  • Biaya pengadaan yang lebih terjangkau karena kapasitas pendinginan yang juga terbatas untuk ruang yang lebih kecil.
  • Perawatan AC Split cenderung mudah karena mekanismenya yang cenderung lebih sederhana. Bahkan, perawatannya bisa dilakukan secara mandiri tanpa memerlukan bantuan tenaga profesional sekalipun.
  • AC Split tersedia dalam berbagai pilihan yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran.
  • Di lain sisi, meskipun menjanjikan listrik yang lebih irit, nyatanya AC Split juga bisa memicu pemborosan listrik lainnya. Ini karena karakteristiknya yang cenderung digunakan dalam ruangan sehingga akan sering dinyalakan dan dimatikan yang memicu lonjakan pemakaian listrik.
  • AC Split yang menggunakan unit indoor tentunya juga akan memerlukan tempat sendiri. Unit indoor harus diposisikan sedemikian rupa agar tidak mengganggu estetika ruangan namun tetap dapat menghembuskan hawa dingin secara optimal. Dan penempatan unit ini bisa cukup menantang.

Kelebihan dan Kekurangan AC Central

  • Untuk gedung yang besar, AC Central menawarkan sistem pendinginan yang lebih praktis cukup dari satu tempat saja untuk mengatur suhu seisi gedung. Namun terkadang dalam skenario tertentu, AC Central juga bisa cukup merepotkan apabila ada ruangan tertentu dalam gedung yang membutuhkan suhu ruangan berbeda dari ruangan lainnya.
  • Karena mekanisme pendinginan berada di luar, maka di dalam ruangan menjadi lebih senyap. Selain itu, karena hanya menampilkan kisi-kisi saja, AC Central bisa memudahkan pengelola gedung dalam mendapatkan estetika ruang yang terbaik.
  • Akan tetapi dengan kapasitas pendinginan yang besar, biaya yang diperlukan untuk pengadaan AC Central akan jauh lebih mahal dibanding AC Split.
  • Di lain sisi, AC Central dengan manajemen terpusatnya juga bisa mengalami masalah serius, meskipun masalah hanya terjadi pada salah satu part atau komponen saja. Inilah alasannya mengapa biaya operasional dan biaya perawatan AC Central bisa lebih tinggi dibanding AC Split bila digunakan untuk gedung yang hanya memiliki sedikit ruangan. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel ini: Apakah AC Central Lebih Hemat Listrik ?

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin sudah memiliki gambaran dalam menentukan pilihan antara AC Split ataukah AC Central. Jika AC Split memang lebih ideal digunakan pada ruangan yang memerlukan pendingin udara secara terpisah, maka AC Central lebih ideal untuk gedung yang cenderung membutuhkan solusi praktis pendinginan udara di ruang-ruangnya yang luas. Dengan kata lain, pemilihan jenis AC tentunya kembali pada skenario penggunaan dan preferensi Anda sebagai pengguna.

Wibisono

JAKARTA OFFICE
Jl. Anggrek Neli Murni IIA Blok C-12A,
Kemanggisan - Slipi, Jakarta Barat 11480
SURABAYA OFFICE
Jl. Rungkut Mapan Tengah IV DC-20,
Surabaya 60293
GET IN TOUCHBukakainti | Kontraktor HVAC Indonesia
Hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk pemasangan AC Central gedung anda. Nilai profesionalitas dan kepercayaan selalu menjadi guidance kami dalam melayani anda.
JAKARTA OFFICE
Jl. Anggrek Neli Murni IIA Blok C-12A,
Kemanggisan - Slipi, Jakbar 11480
SURABAYA OFFICE
Jl. Rungkut Mapan Tengah IV DC-20,
Surabaya 60293
GET IN TOUCHBukakainti | Kontraktor HVAC
kontraktor AC Central Gedung Profesional di Indonesia

Copyright by PT. Bukaka Inti Aircon. All rights reserved. Supported by CIRRUSCODE.com

Copyright by PT Bukaka Inti Aircon. All rights reserved. Supported by CIRRUSCODE.com